Penyusunan dan Format Rubrik untuk Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan Kurikulum 2013

Penyusunan dan Format Rubrik untuk Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan Kurikulum 2013 : Penilaian autentik sebagai bagian utama dalam penilaian menurut Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk mendemonstrasikan kompetensi atau kemajuan mereka ke arah kompetensi.Kompetensi tersebut mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Penyusunan dan Format Rubrik untuk Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan Kurikulum 2013
Penyususnan dan Format Rubrik untuk Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan Kurikulum 2013
Sebagai contoh, penilaian kinerja dalam melakukan percobaan menuntut pesertadidik benar-benar melakukan percobaan, bukan hanya sekedar menjawab pertanyaan pilihan ganda tentang apa yang disebut percobaan, apa yang disebut variabel, dan bagaimana langkah-langkah melakukan percobaan. 

Sebagian besar guru yang memberikan skor laporan percobaan dengan rentang 0 sampai 10, tetapi tidak mengetahui kriteria yang digunakan untuk memberi skor. Siswa tidak mendapat informasi yang bermanfaat tentang mengapa angka tersebut diberikan kepadanya dan tidak ada umpan balik mengenai bagian mana dari percobaan yang telah dikerjakan dengan baik dan bagian mana yang memerlukan perbaikan.

Penilaian dengan menggunakan skala di atas bergantung pada penafsiran guru mengenai istilah-istilah seperti “cukup“ atau “bagus”. Kalau siswa dinilai “cukup”, siswa, orang tuanya, atau guru lain tidak mempunyai gambaran mengenai apa yang sudah bisa dilakukan oleh siswa tersebut dan apa yang belum/tidak bisa dilakukannya. Hal yang demikian tentu tidak sesuai dengan tuntutan penilaian dalam Kurikulum 2013. Agar pendidik dapat menilai proses dan hasil belajar peserta didik dengan baik maka perlu mengembangkan rubrik penilaian yang tepat.

Berikut Pemaparan yang secara terperinci tentang Penyususnan dan Format Rubrik untuk Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan Kurikulum 2013 bisa di download di bawah ini.

File yang lainnya di bawah ini :


    Post a Comment

     
    Top