Setiap pembelajaran di sekolah pasti diakhiri dengan melaksanakan evaluasi dan penilaian. Dalam Kurikulum 2013, pembelajaran, dan penilaian hasil belajar merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran.

Langkah langkah Penilaian Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (SD)

Proses pembelajaran mewujudkan upaya untuk mencapai Kompetensi Dasar (KD) yang dirumuskan dalam kurikulum. Sedangkan kegiatan penilaian dilakukan untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian Kompetensi Dasar (KD).

Manfaat dari Penilaian berfungsi untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan, dan perbaikan proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Dengan telah diberlakukannya kurikulum 2013 yang menekankan pada pembelajaran berbasis aktivitas, maka penilainnya lebih menekankan pada penilaian proses baik pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Dengan demikian diperlukan suatu pedoman penilaian yang memberikan fokus perhatian pada hal-hal yang menyangkut terhadap penilaian Kurikulum 2013. Silahkan pelajari cara penilaian kurikulum 2013 di bawah ini.

Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar (SD) Kurikulum 2013 

File yang lainnya di bawah ini :


    Post a Comment

     
    Top