Prinsip-prinsip Permainan Berhitung di Taman Kanak-kanak (TK)
- Permainan berhitung diberikan secara bertahap, diawali dengan menghitung benda-benda atau pengalaman peristiwa kongkrit yang dialami melalui pengamatan terhadap alam sekiar.
- Pengetahuan dan keterampilan pada permainan berhitung diberikan secara bertahap menurut tingkat kesukarannya, misalnya dari kongkrit ke abstrak, mudah ke sukar, dan dari yang sederhana ke yang lebih kompleks.
- Permainan berhitung akan berhasil jika anak-anak diberi kesempatan berpartisipasi dan dirangsang untuk menyelesaikan masalah-masalah sendiri.
- Permainan berhitung membutuhkan suasana menyenangkan dan memberikan rasa aman serta kebebasan bagi anak. Untuk itu diperlukan alat peraga/media yang sesuai dengan benda sebenarnya (tiruan), menarik dan bervariasi, mudah digunakan dan tidak membahayakan.
- Bahasa yang digunakan di dalam pengenalan konsep berhitung seyogyanya bahsa yang sederhana dan jika memungkinkan mengambil contoh yang terdapat di lingkungan sekitar anak.
- Dalam permainan berhitung anak dapat dikelompokan sesuai tahap penguasaannya yaitu tahap konsep, masa transisi da lambing.
- Dalam mengevaluasi hasil perkembangan anak harus dimulai dari awal sampai akhir kegiatan
- Anak mulai menyebutkan bilangan tanpa pemahaman.
- Anak mulai menghitung benda-benda yang ada disekitarnya secara sepontan.
- Anak mulai membandingkan benda-benda dan peristiwa yang ada disekitarnya.
- Anak mulai menjumlah-jumlahkan atau mengurangi angka dan benda-benda yang ada di sekitarnya tanpa disengaja.
Untuk melihat jenis permainan berhitung untuk TK/PAUD silahkan klik
Post a Comment