Pengembangan fisik/motorik merupakan salah satu pengembangan kemampuan dasar di TK. Bahan kegiatan pengembangan fisik/motorik mencakup kegiatan yang mengarah pada kegiatan untuk melatih motorik kasar dan halus yang terdiri atas gerakan-gerakan jalan, lari, lompat, senam, keterampilan dengan bola, keterampilan menggunakan peralatan, menari, latihan ritmik dan gerak gabungan.
Gerakan-gerakan dasar dilatihkan sedemikian rupa secara bertahap sehingga dikuasai oleh anak didik. Guru harus mencontohkan setiap gerakan dan anak didik diberi kesempatan untuk melakukannya bersama guru. Guru tidak hanya memberikan instruksi dan anak yang melakukan, akan tetapi kegiatan tersebut dilakukan bersama-sama. Gerakan juga harus bervariasi sehingga suatu permainan terdiri dari beberapa elemen gerakan dasar.
Kegiatan Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di Taman Kanak-kanak (TK) |
Pengembangan motorik halus anak dilakukan melalui olah tangan dengan menggunakan alat/media kreatif seperti kuas, pensil, kertas, gunting, tanah liat, plastisin, busa dan lain-lain. Dengan menggunakan media kreatif tersebut anak dapat melaksanakan kegiatan yang dapat melatih otot-otot tangan dan koordinasi mata, pikiran dengan tangannya.
Agar kegiatan pengembangan fisik/motorik dapat terlaksana dengan baik, maka anak didik dituntut memiliki perhatian dan daya tangkap yang baik pula, seperti kecepatan bereaksi, kesanggupan kerjasama, disiplin, jujur, dan lain-lain, sesuai dengan kemampuan anak didik.
Berikut membumikan pendidikan sediakan contoh-contoh dari kegiatan pembelajaran bidang pengembangan fisik motorik di taman kanak-kanak (TK) yang bisa sahabat-sahabat unduh sesuai dengan indikator di kanak-kanak (TK) baik kelompok A maupun kelompok B.
Kelompok A
Indikator :
- Bermain dengan simpai
- Merobek bebas
- Menggunting bebas
- Memegang pensil (belum sempurna)
- Melambungkan dan menangkap kantong biji
Kelompok B
Indikator :
- Meniru melipat kertas sederhana (7 lipatan)
- Mencocok bentuk
- Menjahit bervariasi (jelujur dan silang) 15 lubang dengan tali rafia, benang woll
- Memantulkan bola besar, bola sedang, dan bola kecil (diam di tempat)
- Mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan
- Berdiri dengan tumit, berdiri di atas satu kaki dengan seimbang
- Naik otopet, sepeda roda dua
- Meniru membuat garis tegak, datar,miring, lengkung dan lingkaran
- Berjalan mundur ,berjalan kesamping pada garis lurus sejauh 2- 3 meter sambil membawa beban
- Menangkap, melempar bola besar, bola sedang dan bola kecil (Tenis) dengan memutar badan, mengayunkan lengan dan melangkah
- Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh
- Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi
- Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa beban
- Senam fantasi bentuk meniru
- Meloncat dari ketinggian 30-50 cm
- Memanjat, bergelantung dan berayun
- Menendang bola ke depan dan ke belakang
- Menyusun menara kubus minimal 12 kubus
- Membuat lingkaran dan bujursangkar dengan rapi
- Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough, dan pasir
Demikianlah uraian singkat mengenai contoh-contoh kegiatan pengembangan fisik motorik pada taman kanak-kanak. Semoga dengan adanya contoh kegiatan pembelajaran ini, guru TK dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran lebih baik, terarah, sesuai dengan yang dikehendaki. Semoga Bermanfaat
Baca juga artikel yang lainnya :
Kegiatan Pembelajaran Kemampuan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak (TK)
Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di Taman Kanak-kanak (TK)Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak (TK)Contoh Kegiatan Pengembangan Kemampuan Keterampilan Seni di TK
Baca juga artikel yang lainnya :
Kegiatan Pembelajaran Kemampuan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak (TK)
Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di Taman Kanak-kanak (TK)Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak (TK)Contoh Kegiatan Pengembangan Kemampuan Keterampilan Seni di TK
Post a Comment