Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak (TK) : Pengembangan kognitif adalah suatu proses berpikir berupa kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan sesuatu. Dapat juga dimaknai sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah atau untuk mencipta karya yang dihargai dalam suatu kebudayaan.
Kemampuan kognitif merupakan salah satu dari bidang pengembangan kemampuan dasar yang dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya. Pengembangan kemampuan kognitif bertujuan agar anak mampu mengolah perolehan belajarnya, menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah, pengembangan kemampuan logika matematika, pengetahuan ruang dan waktu, kemampuan memilah dan mengelompokkan, dan persiapan pengembangan kemampuan berpikir teliti.
Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak (TK) |
Sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas, guru harus menyusun Satuan Kegiatan Mingguan (SKM) dan Satuan Kegiatan Harian (SKH). Pedoman pembelajaran Kognitif ini dapat dipergunakan oleh guru sebagai bahan rujukan dengan cara menyesuaikan dengan kemampuan guru, alat peraga yang tersedia, dan perkembangan anak.
Berikut contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada bidang pengembangan kognitif di taman Kanak-Kanak yang bisa sahabat-sahabat unduh sesuai dengan indikator, baik unvuk kelompok A maupun kelompok B.
Indikator :
- Mengenal kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat
- Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur
- Menunjukkan urutan benda untuk bilangan sampai 5
- Menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 5
- Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya dan yang tidak sama
- Mengelompokkan benda sesuai bentuk-bentuk geometri
- Mengerjakan maze (mencari jejak) yang sederhana
- Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya
- Mengisi wadah dengan air, pasir, biji-bijian, beras dan lain-lain
- Menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan
- Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan
Kelompok B
Indikator :
- Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut ciri-ciri tertentu
- Menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman
- Mengenal perbedaan kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat
- Membedakan macam-macam suara
- Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya, jenis, persamaan, dan lain-lain
- Menyebutkan dan menceritakan perbedaan dua buah benda
- Menunjukkan kejanggalan suatu gambar
- Menyusun benda dari besar-kecil atau sebaliknya
- Mencoba dan menceritakan tentang apa yang terjadi
- Mengungkapkan sebab-akibat
- Mengungkapkan asal mula/terjadinya sesuatu
- Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 20
- Membilang (mengenal konsep bilangan dengan bendabenda) 1 sampai 10
- Membuat urutan bilangan 1 sampai dengan 10 dengan benda-benda
- Menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10
- Membedakan dan membuat 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama
- Membuat bentuk-bentuk Geometri
- Mengelompokkan benda-benda tiga dimensi yang berbentuk geometri
- Memasangkan bentuk geometri dengan benda tiga dimensi yang berbentuk sama
- Mengerjakan Maze (mencari jejak) yang lebih komplek (3-4 jalan)
- Mengukur panjang dengan langkah, jengkal, lidi, ranting, penggaris, meteran, dan lain-lain
- Menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan dengan benda sampai 10
Baca juga artikel yang lainnya :
Kegiatan Pembelajaran Kemampuan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak (TK)
Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di Taman Kanak-kanak (TK)Contoh Kegiatan Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di Taman Kanak-kanak (TK)Contoh Kegiatan Pengembangan Kemampuan Keterampilan Seni di TK
Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di Taman Kanak-kanak (TK)Contoh Kegiatan Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di Taman Kanak-kanak (TK)Contoh Kegiatan Pengembangan Kemampuan Keterampilan Seni di TK
Post a Comment