Kegiatan Pengembangan Kemampuan Keterampilan Seni di TK : Seni merupakan ciptaan manusia, oleh sebab itu senantiasa ada kesesuaian dengan sifat-sifat manusia yang menciptakannya. Demikian juga halnya dengan seni kanak-kanak. Keindahan yang terdapat dalam berbagai perwujudan seni kanak-kanak ada kesesuaiannya dengan jiwa dan perasaan anak, yang minat dan perhatiannya senantiasa tertuju kepada segala sesuatu yang bersifat indah dan menyenangkan baginya. Jiwa dan sifat anak-anak tercermin dalam “perbuatan seni”-nya dan mempunyai keindahan yang khas. Kenyataan ini menuntut pengertian, penghargaan dan penilaian yang lain sifatnya dalam pendidikan.
Kegiatan Pengembangan Kemampuan Keterampilan Seni di TK |
Di Taman Kanak-kanak pemenuhan kebutuhan anak untuk berekspresi itu mendapat bimbingan dan pembinaan secara sistematis dan berencana agar kesempatan berekspresi yang diberikan kepada anak benar-benar mempunyai arti dan bermanfaat baginya. Jika mulai sejak dini anak diberikan bimbingan dan pembinaan yang sebaik-baiknya untuk mengekspresikan dirinya secara kreatif dan menghayati emosi yang bergejolak dalam dirinya, maka daya fantasi atau imajinasi, daya kreasi dan perasaan estetis, anak memperoleh rangsangan untuk berkembang dengan anak.
Setiap anak mempunyai keinginan untuk menciptakan sesuatu. Hasrat dan kemampuan yang ada dirangsang dan dibina sehingga memperoleh kesanggupan untuk menciptakan sesuatu dan merasa puas akan hasil ciptaannya. Rasa puas akan hasil ini merupakan dorongan bagi anak untuk ingin selalu menciptakan sesuatu yang baru yang mendorong anak menjadi lebih kreatif.
Guru TK, sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran perlu mempersiapkan diri. Salah satu bentuk persiapan adalah menyusun model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan fisik dan psikologis anak TK, keadaan lingkungan sekitar dan ketersediaan sarana prasarana pendidikan.
Di bawah ini disediakan Contoh-Contoh Kegiatan Pengembangan Kemampuan Seni di TK yang bisa sahabat-sahabat unduh/download sesuai dengan indikator di Taman Kanak-Kanak.
Indikator:
- Menggambar bebas dengan berbagai media
- Menggambar bebas dari bentuk lingkaran dan segi empat.
- Menggambar orang dengan lengkap dan sederhana (belum proporsional).
- Stempel/mencetak dengan berbagai media.
- Meronce dengan manik-manik.
- Mencipta dua bentuk bangunan dari balok.
- Membatik dan jumputan.
- Mencocok dengan pola buatan guru.
- Permainan warna dengan berbagai media.
- Menggerakan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/ritmik.
- Menyanyikan 15 lagu anak-anak.
- Menciptakan 3 bentuk dari kepingan geometri.
- Membuat gambar dengan tehnik kolase dengan memakai berbagai media
- Membuat gambar dengan teknik mozaik dengan memakai berbagai bentuk/bahan
- Membuat mainan dengan teknik menggunting, melipat, dan menempel.
- Menari menurut musik yang didengar.
- Menceritakan gerak pantomim ke dalam bahasa lisan.
Baca juga artikel yang lainnya :
Contoh Kegiatan Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di Taman Kanak-kanak (TK)Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak (TK)Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di Taman Kanak-kanak (TK)Kegiatan Pembelajaran Kemampuan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak (TK)
Post a Comment